MOTIVASI ANDA SEDANG TURUN? INI SOLUSINYA

Picture1Semua orang ingin hidup yang terus maju dan bertumbuh, tercapai semua keinginan & harapannya, betul?

Setelah memberikan kelas training, banyak orang bertanya kepada saya, kenapa ya mas saat ikut training saya memiliki semangat & motivasi membara, tetapi setelah itu hanya beberapa minggu bahkan hitungan hari kembali ‘mlempem’ (motivasi turun).

Inilah bisa jadi jawaban kenapa banyak orang kehilangan motivasi untuk meraih apa yang diinginkan, sehingga dirinya tidak berdaya untuk melakukan sesuatu untuk mencapai impiannya atau gool nya.

Ada beberapa sebab yang menbuat orang tidak termotivasi, kehilangan motivasi atau motivasinya turun.

 Pertama, karena kita tidak melihat atau menemukan keuntungan dari sesuatu yang kita lakukan dimasa depan. Kenapa aku harus melakukan ini, apa untungnya buat saya, apa ruginya ketika tidak kujalankan.

Misalnya seseorang yang ingin sekali berangkat haji, dia sudah menemukan keuntungan & keutamaan naik haji, dia juga bisa merasakan betapa kecewanya & ruginya kalau seumur hidup sekali, tidak bisa naik haji. Maka orang ini semangat sekali dalam mencari rezeki untuk mewujudkan impiannya itu. Dan sebaliknya apabila seseorang tidak menemukan keuntungannya & alasan yang kuat kenapa harus berangkat haji, maka cenderung ia kurang semangat merealisasikan impiannya.

 Kedua, terkena jebakan zona nyaman. Karena kita masih menemukan kenyamanan dikondisi sekarang, kita belum melihat kondisi sekarang belum perlu diperbaiki. Buat apa aku lakukan ini, toh ini sudah bagus, seperti ini sudah nyaman, temannya juga banyak kok, ngapain aku berubah. Zona nyaman inilah yang paling banyak dialami orang.

Ketiga, ketika kita tidak tahu langkah-langkah sederhana untuk mencapai tujuan itu. Menurut Ken Blanchard seorang pakar management mengatakan 70% perubahan gagal karena tidak memiliki struktur yang baik. Artinya untuk berubah atau mencapai tujuan yang kita inginkan perlu sekali memiliki strategi atau acara, apabila cara kurang tepat menyebabkan kegagalan, biasanya motivasi mudah turun.

Apabila seseorang tahu tujuan, punya alasan yang kuat & mampu melihat keuntungan dari apa yang dia kerjakan. Sadar kondisi sekarang memprihatinkan perlu diubah, tahu langkah-langkah sederhana untuk mencapai tujuannya, maka motivasi seseorang akan naik.

Oleh sebab itu bagaimana caranya agar motivasi kita terus naik? Pertama, Miliki impian & ciptakan alasan-alasan yang kuat berupa keuntungan & kesengsaraan apabila kita mencapai atau tidak mencapai impian.

Kedua ciptakan support system dengan miliki teman & guru bermental power bank (selalu memberi semangat) yang siap membuat kita keluar dari zona nyaman.

Dan Ketiga, terus-terus belajar cari metode atau cara sederhana untuk mencapai impian & harapan kita.

Nabi Muhammad SAW dalam sebuah sabdanya, “barang siapa yang menginginkan kebahagiaan dunia, hendaklah ia memiliki ilmu. Barang siapa yang menginginkan kebahagiaan akhirat, hendaklah ia memiliki ilmu. Dan Barang siapa yang menginginkan kebahagiaan keduanya, hendaklah ia memiliki ilmu”

Semoga bermanfaat, salam pertumbuhan.

Muhammad Amin
Personal Development Trainer
Penggerak Masyarakat

Ingin ngobrol dengan saya? Follow twitter saya di @amininspirator

About admin

Muhammad Amin adalah seorang trainer profesional di bidang komunikasi dan pengembangan diri. Selain itu, Amin juga merupakan seorang penulis, coach, dan juga motivator.
This entry was posted in inspirasi, motivasi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *